mutiavco

MINYAK KELAPA MURNI (VCO) MAKANAN SEHAT JAMAN KUNO UNTUK DUNIA MODERN

“VIRGIN COCONUT OIL (VCO) pendukung utama kesehatan dunia”
Dr. Marry G. Enig, Ph.D., Ahli Biokimia dan Nutrisi, AS

Kelapa sering di sebut dengan pohon kehidupan (tree of life) karena semua bagian tanaman ini dapat digunakan untuk kehidupan. Minyak kelapa telah digunakan sebagai sumber makanan utama selama ribuan tahun oleh jutaan penduduk Asia, India, Kepulauan Pasifik, Afrika dan Amerika Tengah, juga Pada tahun 3960 (S.M 3960) minyak kelapa dimanfaatkan sebagai bahan pangan, obat dan kecantikan kitab Ayurveda India bukti ini tercantum dalam dalam kitab Ayurveda India .

Minyak kelapa mulai menurun pada tahun 1950-an karena terjadi persaingan yang sengit antara minyak kelapa dan minyak-minyak nabati terutama minyak kedelai termasuk minyak kelapa sawit. Minyak kedelai (minyak tak jenuh) minyak yang diproduksi para petani di Amerika sedang minyak kelapa (minyak jenuh) diimport dari luar. Persaingan sengit ini berlanjut dan mencapai puncaknya pada tahun 1980-an dengan munculnya kampanye anti minyak tropis yang dimotori oleh American Soybean Association (ASA), produsen terbesar minyak kedelai.

ASA menuding minyak kelapa (minyak tropis/minyak jenuh) penyebab munculnya penyakit-penyakit modern seperti Stroke, jantung, kolesterol, kanker, diabetes mellitus dll, sehingga banyak masyarakat Amerika dan dunia termasuk Indonesia terpengaruh atas isu tersebut sehingga minyak kedelai menguasai seluruh pasar minyak pada waktu itu dan minyak kelapa terpuruk.

Pada perkembangan selanjutnya para peneliti minyak kelapa di Amerika menyatakan bahwa secara ilmiah tuduhan tersebut tidak benar justru dengan tidak mengkonsumsi minyak kelapa berakibat muncul penyakit-penyakit modern tersebut.

Hal ini telah dibuktikan oleh para ahli minyak kelapa di Amerika bahwa penduduk asli kepulauan Pasifik selama ribuan tahun mengkonsumsi minyak kelapa tidak ditemukan penyakit-penyakit modern/penyakit degeneratif seperti jantung, stroke, kanker, diabetes, kolesterol, obesitas dll. Penyakit modern ini mulai muncul setelah penduduk perbatasan kepulauan tsb mengikuti pola makan Barat dan meninggalkan makanan utama mereka yaitu minyak kelapa, sedangkan penduduk asli yang tidak mengikuti pola makan Barat hingga saat ini tidak ditemukan penyakit modern tsb .

Gaung minyak kelapa mulai bangkit setelah para pakar VCO dunia mempublikasikan temuan tsb ke media Internet, seminar-seminar ke seluruh dunia tentang manfaat virgin coconut oil bagi kesehatan kita. Para ahli ini membuktikan bahwa minyak kelapa sangat baik untuk kesehatan kita bukan sebaliknya.

Berikut beberapa Ilmuwan VCO berbicara tentang minyak kelapa :

Kajian ilmiah tentang minyak kelapa (VCO) dimulai lebih dari 70 tahun yang lalu. Bermula dari awal tahun 1930 oleh Dr. Weston A. Price & peneliti nutrisi dari Cleveland, AS dikepulauan Pasifik untuk meneliti hubungan kesehatan penduduk dengan makanan utama mereka yaitu minyak kelapa (kelapa).

Penduduk diperbatasan kepulauan Pasifik yang mengikuti pola makan Barat dan meninggalkan makanan utama mereka mengalami kesehatan menurun dan muncul penyakit-penyakit asing seperti Jantung, Stroke, Kanker/Tumor, Diabetes Millitus, Kolesterol, Hepatitis, Prostat, Osteoporosis, Atherosclerosis, Obesitas, Hepatitis, Hipertensi dll yang sebelumnya tidak pernah terdengar ditelinga mereka penyakit tsb selama ribuan tahun. Sedangkan penduduk asli yang tidak mengikuti pola makan Barat hingga saat ini tidak ditemukan penyakit-penyakit asing tsb. Pada awal tahun 1960-an, Dr. Ian A. Prior, seorang pakar jantung yang juga merupakan pengajar Pusat Penyelidikan Wabah Penyakit di Hospital Wellington, New Zealand telah melakukan penyelidikan di dua buah pulau yaitu Puka Puka dan Tokelau di Lautan Pasifik Selatan. Dr. Ian merumuskan penduduk setempat yang banyak memakan kelapa sebagai diet harian. Hasilnya kolesterol rendah, kesehatan fisik amat baik dan tidak ditemukan penyakit kronis seperti Jantung, Diabetes,Hipertensi, Kanker dll.

Pada tahun 1966, suatu penemuan besar telah dirumuskan oleh Profesor Dr. Jon J. Kabara, seorang penyelidik dan pakar farmakologi di Universiti Michigan. Beliau mendapati minyak kelapa murni yang terdapat dalam santan kelapa mengandung sejenis antivirus, bakteri, jamur dan parasit. Maka dalam hal ini terjawab dari penelitian Dr. Weston A. Price dan Dr. Ian A. Prior tersebut mengapa penduduk di Kepulauan Pasifik memiliki tubuh sangat sehat dengan makanan utama mereka yaitu minyak kelapa.

Penemuan besar oleh Dr. Jon J. Kabara ini sebenarnya berupaya merubah skenario industri kesehatan dunia. Dalam tahun 1980-an, Dr. Raymond Peat, seorang profesor fisiologi dari Universiti Oregon melaporkan minyak kelapa murni dapat menurunkan berat badan. Fakta ini menyangkal pandangan yang mengatakan minyak kelapa menambah berat badan. Pada tahun 1990-an, Dr. Mary G. Enig, seorang pakar lemak, makanan dan seorang ahli biokimia dari Universiti Maryland merumuskan minyak kelapa murni adalah makanan yang memberi berbagai khasiat kesehatan.

VCO Obat Alami Favorit Sepanjang Tahun

Tak banyak produk alami yang menarik perhatian orang sebagai pilihan untuk meredam gangguan penyakit. Namun, VIRGIN COCONUT OIL (VCO) mampu menjadi favorit sepanjang tahun. Apa saja khasiatnya? Sepanjang tahun 2006 dari beragam herbal maupun tanaman obat hanya ada beberapa nama yang pantas menjadi pilihan, yakni virgin coconut oil (VCO). Kepopuleran VCO tentu di dasari oleh beragam alasan. Dari mulai khasiatnya hingga permintaan yang tinggi di pasaran. Teguh, penjual ramuan tradisional di kawasan Pasar Minggu misalnya, mengaku banyak didatangi pembeli VCO dan ekstrak buah merah, mereka biasanya memilih produk tersebut sebagai suplemen untuk gangguan pencernaan dan kanker. Dari pengakuan pelanggan VCO sangat efektif untuk mengontrol kadar gula darah & quot katanya. Seperti dijelaskan Dr. Ir. M. Ahkam Subroto dari Pusat Penelitian dan Pengembangan Bioteknologi LIPI, pembatasan kalori, terutama asupan lemak total dan lemak jenuh untuk mencapai normalisasi kadar glukosa dan lipida darah, merupakan hal yang perlu dilakukan oleh setiap penderita diabetes (diabetesi). Namun, satu jenis lemak yang dapat dikonsumsi oleh penderita diabetes tanpa harus merasa takut tersebut adalah lemak dari minyak kelapa. Dalam beberapa penelitian terungkap, konsumsi minyak kelapa, terutama yang dihasilkan melalui proses dingin (dikenal dergan sebutan VCO atau minyak kelapa murni), justru membantu penyembuhan diabetes melitus (DM) karena VCO mengandung asam lemak jenuh rantai sedang (medium chain fatty acid atau MCFA) tinggi, terutama asam laurat 43-53 persen dari total asam lemak. Suplementasi VCO terbukti pula dapat menurunkan total kolesterol, trigliserida, fosfolipida, kolesterol LDL dan VLDL, serta meningkatkan kadar kolesterol HDL dalam plasma darah dan jaringan. Selain itu, suplementasi VCO dapat pula meningkatkan status anfoksidan.

Written by

www.kompas.co.id

Minyak Kelapa dengan Minyak Sayur

Beberapa ahli nutrisi mengatakan bahwa asam lemak jenuh dapat membentuk plat di dinding pembuluh sehingga menyebabkan penyumbatan. Padahal tidak hanya minyak kelapa/VCO yang mengandung asam lemak jenuh, tetapi juga minyak sayur/minyak goreng yang biasa digunakan untuk menggoreng. Selanjutnya yang menjadi pertanyaan adalah Apakah semua lemak jenuh berbahaya ? Perlu diketahui bahwa lemak jenuh yang terdapat pada minyak kelapa adalah minyak jenuh dengan rantai sedang dan pendek (berdasarkan susunan kimianya). Lemak jenuh rantai sedang dan pendek sangat mudah dicerna dan diserap tubuh. Asam Lemak Jenuh yang dikandung minyak kelapa tidak mempunyai pengaruh merugikan bagi kesehatan, tetapi membuat kesehatan kita menjadi lebih baik. Justru pada minyak sayur/minyak goreng mengandung lemak jenuh dengan rantai panjang sehingga sulit dipecah, dengan demikian menimbulkan penumpukan yang menyebabkan penyumbatan pada pembuluh darah. Menurut Prof. Dr. Walujo S. Soejobroto, MSc., SpG Guru Besar ILMU GIZI FAKULTAS KEDOKTERAN UI mengatakan minyak kelapa murni memiliki banyak kelebihan 50% asam lemak pada minyak kelapa adalah asam laurat dan 7% asam kapriat. Kedua asam ini merupakan asam lemak jenuh rantai sedang yang mudah dimetabolisir dan bersifat antimikroba (ANTI VIRUS, ANTI BAKTERI, ANTI JAMUR, DAN ANTI PARASIT) sehingga dapat meningkatkan imun tubuh (kekebalan tubuh terhadap penyakit) dan mudah diubah menjadi energi. Selain itu ternyata hasil pecahan lemak jenuh rantai sedang (VCO) jarang disimpan sebagai lemak dan tidak menumpuk dipembuluh darah. sirkulasi

Energi yang dihasilkan dari mengkonsumsi VCO digunakan untuk meningkatkan sel-sel dari ujung kaki hingga ujung rambut dan mengaktifkan semua organ tubuh (metabolisme), jaringan tubuh, dan kelenjer endokrin serta meningkatkan system imun tubuh. “Tidak benar minyak kelapa penyebab kolesterol tinggi dan penyakit jantung. Justru dengan mengkonsumsi minyak kelapa kadar kolesterol terjaga dan jantung Anda sehat”.

- Dr. Bruce Fife CN, ND – Ahli Naturopati, AS

“Minyak kelapa murni (VCO) adalah minyak paling menyehatkan di dunia ini “

- Dr. Bruce Fife (Doctor Naturopati, AS)

“MINYAK KELAPA memiliki reputasi yang panjang dan sangat dihormati di banyak kebudayaan di seluruh dunia, tidak hanya bernilai sebagai makanan tinggi, tetapi juga sebagai obat yang manjur”.

- Dr. Bruce Fife (Doctor Naturopati – USA)

“Minyak kelapa membantu mengatur fungsi jantung dan menurunkan tekanan darah”

- Dr. Bruce Fife (Doctor Naturopati – USA)

“Asam laurat pertama kali ditemukan dalam buah dan biji pohon salam, yang tumbuh di daerah Mediterania. Khasiat penyembuhan yang dimiliki oleh minyak ini telah diketahui pada zaman kuno. Di Italia, Perancis, Yunani, Turki, dan Maroko, minyak ini digunakan sebagai pengobatan rakyat untuk memperbaiki pencernaan, sebagai obat penawar bagi penyakit saluran kemih, kulit, dan memberikan perlindungan terhadap sengatan serangga. Walaupun biji salam mengandung 40 % asam laurat, MINYAK KELAPA merupakan sumber asam laurat yang jauh lebih kaya.

- Dr. Bruce Fife (Doctor Naturopati – USA)

“Pengujian Laboratorium menunjukkan bahwa MCFA yang ditemukan dalam MINYAK KELAPA efektif untuk menghancurkan Virus yang menyebabkan : influenza, CAMPAK/RUBELLA, HERPES, CMV, HEPATITIS, dan AIDS; Bakteri yang dapat menyebabkan : LUKA LAMBUNG, MAAG, INFEKSI TENGGOROKAN, PNUMONIA, SINUSITUS, TYPUS, SAKIT TELINGA, SAKIT GIGI, KERACUNAN MAKANAN, INFEKSI SALURAN KENCING, MENINGITIS, SIPHILIS, dan jamur, ragi yang menyebabkan : KURAP, KANDIDA, SARIAWAN, dan parasait yang dapat menyebabkan INFEKSI USUS seperti GIARDIASIS.

- Dr. Bruce Fife (Doctor Naturopati – USA)

MINYAK KELAPA sangat efektif melawan kuman sama dengan yang secara alami terkandung di dalam AIR SUSU IBU (ASI) untuk melindungi anaknya.”

- Dr. Bruce Fife (Doctor Naturopati – USA)

“MCFA yang ditemukan dalam minyak kelapa merupakan ANTIBIOTIKA KUAT.”

- Dr. Bruce Fife (Doctor Naturopati – USA)

MCFA mudah diserap dan cepat dibakar serta digunakan sebagai energi bagi metabolisme, sehingga meningkatkan aktifitas metabolic dalam tubuh dan membakar lemak LCFA (minyak sayur dll).”

- Dr. Bruce Fife (Doctor Naturopati – USA)

“Dengan MCFA di dalam MINYAK KELAPA TUBUH ANDA BEKERJA LEBIH BAIK KARENA MEMILIKI LEBIH BANYAK ENERGI DAN DAYA TAHAN YANG LEBIH LAMA. Karena MCFA langsung disalurkan ke hati dan diubah menjadi energi, tubuh MENDAPATKAN TAMBAHAN ENERGI, EFEKNYA TIDAK KENTARA TETAPI BERTAHAN LEBIH LAMA, SELAMA SEDIKITNYA 24 JAM, SELAMA WAKTU INI ANDA AKAN MENIKMATI KADAR ENERGI DAN VITALITAS YANG SEDIKIT LEBIH TINGGI. Dan kerena MCFA mudah diserap oleh organel penghasil energi dalam sel, METABOLISME MENINGKAT. LEDAKAN ENERGI INI MEMILIKI EFEK STIMULASI PADA SELURUH TUBUH.”

- Dr. Bruce Fife (Doctor Naturopati – USA)

“Secara esensial VCO merupakan makanan berupa minyak yang mengandung zat ANTI-VIRUS, ANTI-BAKTERI, ANTI-JAMUR, dan ANTI-PARASIT (anti mikroba)”.

- Murray Price, Ph. D – Ahli Naturopati dan Nutrisi, AS

“VIRGIN COCONUT OIL PENDUKUNG UTAMA KESEHATAN DUNIA DI ABAD 21”

- Dr. Marry G. Enig, Ph.D., Ahli Biokimia dan Nutrisi, AS

“VIRGIN COCONUT OIL oleh tubuh diubah menjadi monolaurin (senyawa antivirus) yang dapat menyembuhkan AIDS (=Acquired Immuno Deficiency Syndrome)/ VIRUS HIV”.

- Dr Marry G Enig , Ahli Biokimia dan Nutrisi, AS

ASAM LAURAT pada MINYAK KELAPA di dalam tubuh diubah menjadi MONOLAURIN yaitu sebuah senyawa MONOGLISERIDA YANG DIPEROLEH BAYI DARI AIR SUSU IBU. MONOLAURIN AMPUH dalam mengatasi INFEKSI VIRUS, BAKTERI, dan PROTOZOA. MINYAK KELAPA juga mengandung ASAM KAPRIAT yang di dalam tubuh diubah menjadi MONOKAPRI. SENYAWA-SENYAWA inilah yang sangat efektif dalam MENGHAMBAT PENYEBARAN VIRUS HIV-AIDS

- Dr Marry G Enig , Ahli Biokimia dan Nutrisi, AS

MINYAK KELAPA MURNI mempunyai sifat-sifat ANTI VIRUS, ANTI BAKTERI, ANTI JAMUR dan ANTI PARASIT yang membantu mengatasi berbagai penyakit”.

- Dr. John J. Kabara (Universiti Michigan –USA)

MINYAK KELAPA dikenal sebagai MEDIUM-CHAIN FATTY ACIDS (Asam Berlemak Rangkaian-Medium, MCFA) yang juga ditemukan pada ASI (Air Susu Ibu). Komponen inti ASI adalah ASAM LAURAT menjadikan bayi lebih kebal, sehat dan kuat dalam melawan serangan virus & bakteri, komponen inti minyak kelapa (VCO) adalah ASAM LAURAT”

- Jon J. Kabara. Ph. D, Profesor Emeritus, Dep. Ilmu Kimia dan Farmakologi Michigan University

“ASAM LAURAT menghancurkan sel virus, bakteri, jamur, dan parasit yang dilindungi oleh dinding/membran lipid. Dinding/membran lipid dihancurkan oleh ASAM LAURAT dan menyebabkan isi cairan dalam tubuh virus/bakteri keluar dan mati”.

- DR. Bruce Fife CN, ND – Ahli Naturopati

“MINYAK KELAPA MURNI adalah minyak yang paling menyihatkan yang boleh anda gunakan. IA MENGANDUNG LAUTAN KHASIAT KESEHATAN YANG BENAR-BENAR BERHARGA. Saya sesungguhnya sangat menginginkan agar anda menjadikan minyak kelapa murni menjadi bagian dari kesehatan dan makanan harian anda”.

- Dr. Mark Atkinson, Holistic Medical Physician MBBS Bsc (Hons) FRIPHH FCMA BETD SAC DIP (Clinical Nutrition)

MINYAK KELAPA MURNI sangatlah efektif dalam menghancurkan virus-virus yang mengakibatkan INFLUENSA, CAMPAK, HERPES, CMV, MONONUCLEOUS, HEPATITIS dan AIDS; bakteri-bakteri yang dapat mengakibatkan BISUL PERUT, INFEKSI TENGGOROKAN, PNEUMONIA, SINUSITIS, SAKIT TELINGA, SAKIT GIGI, INFEKSI SALURAN KENCING, TYPUS, MENINGITIS, SYPHILIS, dan gejala jamur ragi yang mengakibatkan KEPUTIHAN (CANDIDA) pada wanita, RUAM-RUAM karena popok bayi, trush, serta INFEKSI USUS seperti GIARDIASIS”.

- Murray Price, Ph. D – Ahli Naturopati dan Nutrisi, AS

GEJALA-GEJALA YANG DISEBABKAN OLEH INFEKSI JAMUR CANDIDA

UMUM : kelelahan, sakit kepala, gangguan-gangguan pencernaan, rasa sakit persendian, depresi, hilang ingatan, cepat marah, alergi Wanita : Vaginilis yang membandel, menstruasi tidak teratur, maslah-masalh kandung kemih yang kumat-kumatan. Laki-laki : gatal-gatal/infeksi jamur kulit yang kumat-kumatan(“athlets’s foot”), penyakit kaki karena kutu air, kadas, prostatitis, impotensi Anak-anak : infeksi telinga, hiperaktif, gangguan perilaku, dan gangguan belajar.

Sumber : Crook, W, 1985, The Yeast Connection

“Riset membuktikan bahwa Ibu yang memasukkan sumber ASAM LAURAT (VCO) dalam makanan hariannya mendapatkan resiko lebih rendah untuk menginfeksi bayi yang disusuinya”.

- Murray Price, Ph. D – Ahli Naturopati dan Nutrisi, AS

AHLI HERBAL JAMES A. DUKE melihat bahwa kelapa dan minyak kelapa murni digunakan sebagai pengobatan untuk mengobati sejumlah penyakit diantaranya sebagai berikut : ASMA, BRONKITIS, LUKA BAKAR/LUKA MEMAR, BENGKAK, RUAM PADA WAJAH, SELESMA, SEMBELIT/WASIR, BATUK, LEMAH BADAN, DISENTRI, SAKIT TELINGA, DEMAM, FLU, SIPILIS, HEPATITIS, MUAL-MUAL, GUDIK, PENYAKIT KUDISAN, RADANG TENGGOROKAN, SAKIT PERUT, SAKIT GIGI, TBC, TUMOR, TYPHUS dan luka-luka.

- Sumber : Duke, J. A dan Wain, K.K 1981, Medicinal Plants of the World

Dr Conrado Dayrit MD membuktikan keampuhan VCO untuk mematikan gerak virus HIV dalam tubuh penderita AIDS. Professor Emiritus bidang farmakologi dari Universitas Filipina itu sejak 1980 memanfaatkan VCO dalam terapi penderita AIDS di rumas sakit San Lazaro. Direktur Potenciano Medical Center itu bekerja sama dengan United Laboratories melakukan ujicoba pada 14 pasien berusia 22-48 tahun. Hasil kultur laboratorium menunjukkan, virus HIV mati pada perlakuan dengan minyak kelapa murni. Rupa-rupanya kuncinya ada pada MCFA pada VCO berupa Asam laurat dan Asam Kapriat. Asam laurat sumber monolaurin dan sodium laurin sulfat – 2 senyawa kimia pengontrol virus HIV.

- Trubus, juni 2005

Minyak kelapa menghambat thyroid dalam pergerakan sirkulasi dan respon jaringan terhadap hormon

- Roy Peat, Ph. D, spesialis Endocrinologist, AS

“Penggantian konsumsi minyak jagung dan minyak keledai dengan MINYAK KELAPA menyebabkan penurunan bobot antara 5-16 kg dalam setahun”.

- Dr Marie Pierre St Onge dan Peter Jones, MacGill University

“MINYAK KELAPA bukan pemicu sakit jantung dan tingginya kolesterol jahat”.

- Dr. ConradoS. Dayrit, Filipina University, Pres. National Academy of Science & Technology

“Setiap melewati endapan kolesterol MINYAK KELAPA MURNI akan melarutkan kolesterol. Kolesterol akan larut sehingga peredaran darah lancar. Tapi itu membutuhkan waktu lama sehingga tidak bisa hilang dengan sehari minum VCO, efek lama tapi pasti.”

- Dr. Bambang Setiaji,M.Sc, dosen jurusan Kimia UGM, Yogyakarta

VCO dianjurkan bagi penderita diabetes karena ASAM LAURAT DAN ASAM KAPRIAT YANG TERKANDUNG DI DALAM VCO DAPAT MEMBANTU PENGELUARAN INSULIN SECARA NORMAL melalui kelenjer pankreas.”

- Prof. DR., dr., Susilo Wibowo, Universitas Diponegoro, Semarang

“VCO dapat membantu menjaga kelembaban kulit dan mempertahankan pH kulit diangka sekitar 5, VCO pun mujarab mengentaskan jerawat dan pecah-pecah kulit ditumit.”

- Prof. DR., dr., Susilo Wibowo, Universitas Diponegoro, Semarang

“Saya belajar bahwa selama beberapa dekade terakhir ini minyak kelapa (VCO) telah digunakan dalam formula rumah sakit untuk memberi makan pasien yang sakit parah dan BAHWA IA MERUPAKAN SALAH SATU KOMPONEN UTAMA DARI FORMULA BAYI karena ia memberikan banyak nutrisi yang sama sebagaimana AIR SUSU IBU”

- Murray Price, Ph. D – Ahli Naturopati dan Nutrisi, AS

“MINYAK KELAPA (VCO) merupakan SALAH SATU MAKANAN KESEHATAN PALING LUAR BIASA yang tersedia”.

- Murray Price, Ph. D – Ahli Naturopati dan Nutrisi, AS

“MINYAK KELAPA (VCO) TELAH DIGUNAKAN SEBAGAI SUMBER MAKANAN UTAMA SELAMA RIBUAN TAHUN OLEH JUTAAN PENDUDUK ASIA, KEPULAUAN PASIFIK, AFRIKA DAN AMERIKA TENGAH. Secara tradisional orang-orang ini jauh lebih sehat dibanding orang-orang di Amerika Utara dan Eropa yang tidak memakan minyak kelapa”.

- Murray Price, Ph. D – Ahli Naturopati dan Nutrisi, AS

“MINYAK KELAPA (VCO) ini umum diberikan kepada bayi dan anak kecil yang tidak biasa mencerna lemak-lemak lainnya. IA TELAH MENJADI BAHAN POKOK UTAMA DALAM KEBANYAKAN FORMULA MAKANAN BAYI KOMERSIAL. Tidak seperti lemak-lemak lainnya, VCO mencegah kita dari SAKIT JANTUNG, KANKER, DIABETES, DAN SEJUMLAH PENYAKIT DEGENERATIF LAINNYA. VCO juga mempercepat pemulihan dari penyakit”.

- Murray Price, Ph. D – Ahli Naturopati dan Nutrisi, AS

MINYAK KELAPA MURNI (VCO) SANGAT BAIK UNTUK KESEHATAN JANTUNG

TIDAK SEMUA ORANG DENGAN KOLESTEROL DARAH TINGGI MENGEMBANGKAN RESIKO SAKIT JANTUNG DAN TIDAK SEMUA ORANG DENGAN SERANGAN JANTUNG MEMPUNYAI KOLESTEROL DARAH TINGGI. Jika tuduhan kolesterol darah tinggi penyebab sakit jantung, setiap orang yang meninggal karena penyakit jantung akan mempunyai kadar kolesterol yang bertambah, namun tidak demikian. Kenyataannya, kebanyakan orang yang mendapatkan serangan jantung tidak mempunyai kolesterol darah tinggi. Semua kritikan yang telah dialamatkan kepada minyak kelapa didasarkan pada fakta bahwa lemak jenuhlah yang dikenal meningkatkan kadar kolesterol darah . NAMUN TIDAK ADA RISET SAH, YANG PERNAH MEMBERIKAN BUKTI ILMIAH BAHWA KONSUMSI MINYAK KELAPA /VCO MENINGKATKAN KADAR KOLESTEROL DARAH. Alasan di mana minyak kelapa tidak mempengaruhi kolesterol secara merugikan adalah karena ia terutama sekali terdiri dari molekul-molekul lemak unik yang dikenal sebagai MCFA. Asam-asam lemak ini berbeda dengan asam lemak yang ditemukan dalam sumber makanan lain, ASAM LEMAK INI TIDAK DIRUBAH MENJADI LEMAK ATAU KOLESTEROL TUBUH DAN JUGA TIDAK MEMPENGARUHI KADAR KOLESTEROL DARAH. Banyak penelitian ilmiah bahwa minyak kelapa (VCO) mempunyai pengaruh netral pada kadar kolesterol.MINYAK KELAPA MEMPUNYAI PENGARUH NETRAL UNTUK DARAH, bahkan dalam situasi di mana hanya ada satu-satunya minyak kelapa sebagai sumber lemak”.

- Dr George Blackburn, peneliti Harvard Medical School yang memberikan kesaksian pada HEARING CONGRES TENTANG MINYAK KELAPA yang diselenggarakan pada tanggal 21 Juni 1988

“MINYAK KELAPA / VCO TELAH DIKONSUMSI SEBAGAI BAGIAN MAKANAN POKOK OLEH SEKELOMPOK BESAR MASYARAKAT SELAMA RIBUAN TAHUN TANPA BUKTI PENGARUH MERUGIKAN BAGI POPULASI YANG MENGKONSUMSINYA”.

- Marry G. Enig, Ph. Pakar minyak dan lemak, University Maryland.

ASAM LAURAT MENGHANCURKAN DINDING SEL MIKROBA-BAKTERI, VIRUS, dan KUMAN – yang terdiri dari LIPID. “Kandungan lipid dihancurkan maka dinding selnya hancur. Isi sel keluar sehingga mikroba mati. ‘

- Dr. Ir. M Ahkam Subroto, M App, Peneliti Puslitbang Biotek LIPI

“Metabolisme sel pada penderita LUPUS sangat rendah, sehingga banyak pasien lupus mengalami kelelahan kronis. VCO BERPERAN MENINGKATKAN METABOLISME SEL TUBUH. Dengan stabilnya metabolisme tubuh maka pengobatan lupus dapat lebih efektif. Ia juga melarutkan lemak pada penderita lupus yang tak mampu dibakar tubuh.”

- Dr. Joseph Mercola, pakar kesehatan, AS

“MCFA dalam VCO mengembalikan kemampuan sel menyerap gizi dan asupan vitamin lain, terutama bahan-bahan yang larut dalam minyak.”

- Jon J. Kabara. Ph. D, Profesor Emeritus, Dep. Ilmu Kimia dan Farmakologi Michigan University

“ASAM LAURAT merupakan ASAM LEMAK PALING KUAT untuk mengatasi infeksi akibat mikroorganisme : bakteri, cendawan, protozoa, dan virus.”

- Marry G. Enig, Ph. Pakar minyak dan lemak, University Maryland.

“ASAM LEMAK JENUH RANTAI SEDANG (MCFA) yang banyak terkandung dalam VCO mudah dicerna dan diserap dibanding ASAM LEMAK JENUH RANTAI PANJANG (LCFA) karena mudah dan cepat terbakar, ASAM LEMAK JENUH RANTAI SEDANG itu menghasilkan energi TANPA MENGHASILKAN KOLESTEROL. Ia jarang masuk sebagai lemak tubuh atau mengendap dalam pembuluh darah dan tidak meningkatkan kadar kolesterol dalam darah.”

- Jon J. Kabara. Ph. D, Profesor Emeritus, Dep. Ilmu Kimia dan Farmakologi Michigan University

VCO lebih aman digunakan karena tidak ada efek samping. VCO MEMBANTU UNTUK MEMBUNUH BAKTERI PROSTAT dan meningkatkan kekebalan tubuh yang akan membunuh bakteri itu sendiri.”

- Prof. DR., dr., Susilo Wibowo, Universitas Diponegoro, Semarang

“MCFA TAK HANYA AMAN TETAPI JUGA MAKANAN YANG BAIK BAGI KESEHATAN. HASIL UJI LABORATORIUM MENUNJUKKAN ASAM LAURAT EFEKTIF MENGHANCURKAN BERAGAM VIRUS DARI VIRUS PENYEBAB INFLUENZA, HEPATITIS, HINGGA AIDS.”

- Jon J. Kabara. Ph. – D, Profesor Emeritus, Dep. Ilmu Kimia dan Farmakologi Michigan University

“PENDERITA SAKIT GAGAL GINJAL YANG MENAMBAHKAN MCFA (VCO) pada menu makanannya akan menurunkan resiko GAGAL GINJAL.”

- Penelitian Monseratt AS, 1995